lagu

Jumat, 07 April 2017

PATHOL


Olahraga Pathol dari Sarang Jawa Tengah




Pathol memiliki makna “Jago yang tak terkalahkan“ dan Sarang adalah tempat dimana olahraga ini lahir. Pathol merupakan olahraga gulat tradisional yang berasal dari Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Olahraga ini sangat terkenal di wilayah pantai utara dari Serang, Rembang, dan Tuban. Olahraga ini sering di selenggarakan pada saat event-event yang penting seperti sedekah laut.
Layaknya seperti gulat pada umumnya, olahraga ini mempertandingkan dua orang di tengah arena. Arena dari olahraga ini biasanya berupa pasir karena itu sering dimainkan di pantai. Kedua atlet pathol hanya mengenakan celana pendek serta menggunakan selendang/sabuk yang terikat dipinggang. Selendang/sabuk ini berfungsi untuk menjatuhkan lawan. Saat pertandingan dimulai, setiap atlet memegang selendang/sabuk yang terikat di pinggang masing-masing lawan. Pegulat yang menang adalah yang berhasil menjatuhkan lawan hingga punggungnya menempel di pasir/arena.
Gerakan-gerakan pathol kemudian dikembangkan oleh pemuda dan masyarakat setempat hingga akhirnya tumbuh menjadi olahraga yang digemari dan bahkan dijadikan kesenian tradisional. Semoga dengan kita lestarikan budaya khas tradisional sarang, olahraga ini bisa dikenal oleh seluruh bangsa Indonesia bahkan seluruh dunia. Olahraga tradisional ini mempunyai sejarah yang sangat penting di masa lalu yang harus dimengerti oleh generasi muda yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar